ATJEH JADOEL

 
NAD
Peta Aceh
Looking for..? please
Google
Other things
Other things
Other things

Free shoutbox @ ShoutMix
Aceh Besar
Tuesday, September 04, 2007

Kabupaten ini mulanya beribukota di Banda Aceh. Tahun 1986 mendirikan ibukota baru yang bernama Jantho. Jenis-jenis kerajinan yang dihasilkan yaitu : bordir, anyaman, kopiah, kerajinan rotan, dan kerajinan rencong Aceh.

Kabupaten Aceh Besar memiliki potensi pariwisata alam yang masih murni, seperti air terjun teuhom, air terjun Peukan Biluy. Sumber air panas seperti : Ie Seuum dan juga pantai-pantai yang indah dengan pasir putih dan air yang jernih yaitu antara lain : pantai Lhok Nga, pantai Lampuuk kemudian pantai cemara dengan keindahan matahari terbenam yang sangat mempesona.

Kabupaten Aceh Besar juga disinggahi kapal terbang karena daerah tersebut menjadi tempat pelabuhan udara Sultan Iskandar Muda dan juga memiliki pelabuhan laut yaitu pelabuhan laut Malahayati yang terletak di Krueng Raya.

Mandi di Kolam Putri

KONON, Putri Hainunim nyaris saban tengah hari bersenda gurau di kolam perbukitan dekat istanannya itu. Anak Raja Biluy ini meminta sang ayah agar membiarkan pemandiannya tetap alami. Begitu cerita lama, ihwal pemandian air terjun di kerajaan kecil bernama Biluy.

Meski kerajaan yang tunduk di bawah Sultan Alaidin Mahmud Daud Syah ini sudah tiada lagi, namun keasrian kolam seluas 10 x 8 meter itu masih terpencar hingga kini. Siapa saja, yang mandi di kolam sedalam 1,5 meter ini takkan bisa sekejab saja.

Setiap akhir pekan, ratusan warga ke sana. Tak hanya untuk mandi, tapi juga mancing. Lokasinya, sekitar 50 meter ke bawah hilir. Sungai kecil sedalam 2-3 meter ini menjadi istana ikan gabus, lele, belut bahkan kerling.

Tak perlu repot mikir umpan, gali saja sedikit tanah sekitar lokasi, berhamburan cacing umpan wahid ikan air tawar. Bila ‘elergi’ cacing, tangkap saja belalang yang hinggap di daun, itu juga santapan favorit ikan. Singkatnya, cukup kail saja.



Rimbun Asmara
Sekedar info saja, Biluy juga punya padang kecil ditumbuhi naleung sira (Criosat). Ini tempat rehatnya putri Hainunim. Kini, lokasi ini lekat dengan nama Rimbun Asmara. Maklum, muda-mudi acap memilih tempat ini untuk memadu asmara sambil menikmati kicau burung dan gemericik air.

Ingin melihat? Naik saja jajaran tangganya, jaraknya dari pemandian sekitar 50 meter. Tapi ingat, majalah ini tidak merekomendasikan untuk khalwat.

Bagi Anda yang gemar mandi seperti putri, bila lelah istirahatlah di bangku-bangku terbuat dari kayu dan beton, jaraknya hanya beberapa langkah dari kolam. Sayangnya, di sini tidak ada warung. Jadi bekal bawa saja sendiri.

Saat Aceh diterapkan darurat militer, tempat ini “mati suri”. Tanpa pengunjung sama sekali. Padahal sebelumnya, ada kebun binatang mini yang memikat pengunjung.

Sebelum status darurat militer, di kebun binatang, kala itu ada beberapa satwa dilindungi sebut saja misalnya orang hutan, beruang, burung rajawali, ular dan kucing hutan.

Anda terpikat berkunjung? Ayunkan saja langkah ke Peukan Biluy Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar, kira-kira 22 kilometer arah utara kota Banda Aceh. Harus mengunakan kenderaan pribadi. Soalnya, tidak ada angkutan umum yang mengantar anda hingga lokasi. Kecuali ojek, ongkosnya Rp 20.000.

Di sepanjang perjalanan Anda menjumpai desa-desa kecil yang asri. Di sana bisa membeli makanan, minuman dan buah-buahan untuk bekal.

Tiga kilometer sebelum sampai tujuan, Anda melewati jalan kecil naik turun dan berliku-liku yang dikelilingi semak-semak dan hutan kecil. Panorama yang manarik mata. Gemercik air sendiri sudah terdengar dari kejauhan. Itu suara air terjun yang bersumber dari pucuk sungai Seunong Bate Doeng.



Pantai Lhoknga dan Lampuuk terletak di pantai barat Aceh. Dari Banda Aceh kurang lebih 17 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dalam waktu kurang dari 20 menit.

Pantai ini cukup indah dan dapat digunakan sebagai tempat berenang, berjemur di pasir putih, memancing, berlayar, menyelam dan kegiatan rekreasi lainnya.

Disore hari pantai ini terasa lebih indah, dimana kita dapat menyaksikan matahari terbenam (Sun-Set) yang penuh pesona yang memberikan suatu kenikmatan sendiri.

Dikawasan Pantai Lampuuk, anda dapat bermain golf dengan latar belakang panorama laut di Padang Golf Seulawah.

Lewat sedikit dari pantai Lhoknga, anda dapat menyaksikan panorama Taman Tepi Laut yang sangat indah.



Labels:

posted by Rahmat Rejoni, S.T., M. Si @ 2:45 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
About Me

Name: Rahmat Rejoni, S.T., M. Si
Home: Bogor, Kota Bogor, Indonesia
About Me: simply, fun
See my complete profile
Previous Post
Archives
Links
Other things
Other things
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus.
Powered by

Free Blogger Templates
Image Hosted by ImageShack.us

Add to Google Reader or Homepage

o-om Tukar Link Tukeran Link Nebulla BLOG http://yalmic.blogspot.com Games4Fun Trik Duit

 Subscribe in a reader

Download ebook gratis
BLOGGER

© 2005 ATJEH JADOEL Template by Rahmat Rejoni

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket